Jalan-Jalan Berkebajikan


Sungguh, ada banyak jalan untuk melakukan amalan-amaln kebajikan. Berikut adalah beberapa hal yang saya kutip dari kitab Riyadhus Shalihin – Taman Orang-orang Shalih.

Allah Ta’ala berfirman pula:

“Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat timbangan debu, maka Ia akan mengetahuinya – di akhirat nanti memperoleh balasannya.” (az-Zalzalah: 7)

Juga Allah Ta’ala berfirman:

“Barangsiapa yang melakukan amal shalih, maka perbuatannya Itu akan menguntungkan dirinya sendiri.” (al-Jatsiyah: 15)

“Tahanlah keburukanmu, jangan sampai mengenai orang banyak, amalan sedemikian itupun merupakan sedekah daripadamu untuk dirimu sendiri – yakni tidak mengganggu orang lain.” (Muttafaq ‘alaih)

Dari Abu Zar r.a. juga bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda:

“Setiap ruas tulang dari seseorang di antara engkau semua itu setiap paginya hendaklah memberikan sedekahnya, maka tiap setasbihan – bacaan Subhanallah – adalah sedekah, tiap setahmidan -bacaan Alhamdulillah – adalah sedekah, tiap setahlilan bacaan La ilaha illallah – adalah sedekah, tiap setakbiran – bacaan AllahuAkbar – adalah sedekah, memerintah pada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah dan yang sedemikian itu dapat dicukupi – diimbangi pahalanya – oleh dua rakaat yang seseorang itu bersembahyang dengannya di waktu dhuha – antara sedikit setelah terbitnya matahari sampai matahari di tengah-tengah atau istiwa’.” (Riwayat Muslim)

Dari Abu Zar juga, katanya: “Nabi s.a.w. bersabda: “Ditunjukkanlah padaku amalan-amalan ummatku, yang baik dan yang buruk. Maka saya mengetahuinya dalam golongan amalan-amalan yang baik adalah menyingkirkan sesuatu yang berbahaya dari jalan, sedang dari golongan amalan-amalan yang buruk ialah dahak yang dilakukan di dalam masjid dan tidak ditanam.”(Riwayat Muslim)

Dari Abu Zar lagi, katanya: “Nabi s.a.w. bersabda kepadaku: “Janganlah engkau menghinakan sesuatu kebaikan sedikitpun, sekalipun hanya dengan jalan engkau menemui saudaramu dengan wajah yang berseri-seri.” (Riwayat Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Setiap ruas tulang dari para manusia itu harus memberikan sedekah setiap harinya yang di situ terbitlah matahari. Berlaku adil antara dua orang itupun sedekah, ucapan yang baik itupun sedekah, dengan setiap langkah yang dijalaninya untuk pergi shalat juga sedekah, melemparkan apa-apa yang berbahaya dari jalan itu juga sedekah.” (Muttafaq ‘alaih)

Imam Muslim meriwayatkan juga dari riwayat Aisyah radhiallahu ‘anha, katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Bahwasanya setiap manusia dari Bani Adam itu dijadikan atas tigaratus enampuluh ruas tulang. Maka barangsiapa yang bertakbir kepada Allah, bertahmid kepada Allah, bertahlil kepada Allah, bertasbih kepada Allah, mohon pengampunan kepada Allah, suka melemparkan batu dari jalan para manusia, ataupun duri ataupun tulang dari jalan orang banyak, atau memerintahkan kebaikan atau melarang kemungkaran, sebanyak tigaratus enampuluh kali banyaknya, maka sesungguhnya orang itu bersore-sore pada hari itu dan ia telah menjauhkan dirinya dari neraka.”

Dari Abu Hurairah r.a. pula dari Nabi s.a.w., sabdanya: “Iman itu ada tujuhpuluh lebih atau enampuluh lebih – lebihnya ialah antara tiga sampai sembilan – cabangnya. Maka yang terutama sekali ialah ucapan La ilaha illallah, sedang yang terendah sekali ialah melemparkan apa-apa yang berbahaya dari jalan. Perasaan malu – berbuat keburukan – adalah salah satu cabang dari keimanan.” (Muttafaq ‘alaih)

Dari Abu Hurairah r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Barangsiapa yang berwudhu’ lalu memperbaguskan wudhu’nya kemudian mendatangi shalat Jum’at, lalu mendengarkan – khutbah serta berdiam diri – tidak bercakapcakap sedikitpun, maka diampunilah untuk antara Jum’at itu dengan Jum’at yang berikutnya dan ditambah pula dengan tiga hari lagi. Barangsiapa yang memegang – mempermainmainkan – batu kerikil – di waktu ada khutbah – maka ia telah berbuat kesalahan.” (Riwayat

Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda: “Jikalau seseorang hamba muslim ataupun mu’min berwudhu’, kemudian ia membasuh mukanya, maka keluarlah dari mukanya itu setiap kesalahan yang dilihat olehnya dengan menggunakan kedua matanya bersama dengan air atau bersama dengan tetesan air yang terakhir. Selanjutnya apabila ia membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dari kedua tangannya itu semua kesalahan yang diambil – dilakukan – oleh kedua tangannya bersama dengan air atau bersama tetesan air yang terakhir. Kemudian apabila ia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah semua kesalahan yang dijalani oleh kedua kakinya itu bersama dengan air atau bersama dengan tetesan air yang terakhir, sehingga keluarlah orang tersebut dalam keadaan bersih dari semua dosa.” (Riwayat Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a.dari Rasulullah s.a.w. bersabda: “Shalat lima waktu, dari Jum’at yang satu ke Jum’at yang benkutnya,dari Ramadhan yang satu ke Ramadhan yang berikutnya itu dapat menjadi penghapus dosa-dosa antara jarak keduanya itu, jikalau dosa-dosa besar dijauhi.” (Riwayat Muslim)

Dari Abu Musa al-Asy’ari pula, katanya: Rasulullah s.a.w. bersabda: “Apabila seseorang hamba itu sakit atau bepergian, maka dicatatlah untuknya pahala ketaatan sebagaimana kalau ia mengerjakannya di waktu ia sedang berada di rumah sendiri dan dala keadaan sihat.” (Riwayat Bukhari)

Dari Jabir r.a., katanya: Rasulullah s.a.w. bersabda: “Setiap perbuatan baik itu merupakan sedekah.” Diriwayatkan oleh Imam Bukhari Juga diriwayatkan oleh Imam Muslim dari riwayat Hudzaifah r.a.

Dari Anas r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. bersabda: “Sesungguhnya Allah itu niscaya meridhai pada seseorang hamba, jikalau ia makan sesuatu makanan – pagi ataupun sore, kemudian mengucapkan puji-pujian kepada Allah atas makanan yang dimakannya itu, ataupun meminum sesuatu minuman, kemudian mengucapkan puji-pujian kepada Allah atas minuman yang diminumnya itu.” (Riwayat Muslim)

 

Dan masih banyak lagi jalan-jlan kebaikan lainnya. Silakan memilih kebajikan seperti apakan yang akan kita amalkan, dan kebajikan yang manakah yang akan kita jadikan amalan “andalan” kita.

 

-ingatkan bila tersalah-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s