Pilihan Hidup, Pilihan Mati (1)


Dalam menentukan sebuah tujuan, kita dihadapkan dengan berbagai pilihan. Bahkan terkadang (bagi sebagian orang), pilihan-pilihan yang ada itu menjadi sangat membingungkan. Akan tetapi, bila sebuah konsep dan prinsip hidup sudah melekat pada diri tiap-tiap kita, tentunya kita tak kan terbingungkan lagi dalam penetapan sebuah tujuan hidup. Dan beruntunglah, sungguh beruntung, sesiapa yang telah menentukan pilihan akan sebuah tujuan hidup bila didasarkan pada sebuah ‘aqidah yang salim, ‘aqidah islamiyah. Dan celakalah sesiapa yang salah dalam menentukan tujuan hidup, yang melenceng jauh dari iman dan Islam.

Sebuah pilihan untuk menghadapi kehidupan adalah tergantung pada kita. Ya! Kita sendirilah yang akan menentukan akan ke mana kita, akan berbuat apa kita, akan hidup seperti apa kita.

Sekecil apapun dan bagaimana pilihan kita, akan menentukan kita bagaimkana ke depannya. Termasuk pilihan dalam hidup yang tak kenal putus asa, penuh kerja keras dan kesungguhan dalam berusaha, pun dalam pilihan menentukan sikap terkait kritik seseorang. Marilah kita belajar dari banyak orang.

Kali ini kita akan belajar tentang Elvis Presley (lihat buku No Excuse oleh Isa Alamsyah). Ia adalah salah satu raja pop yang banyak dipuja. Rekamannya sudah terjual lebih dari 1 milyar kopi di seluruh dunia, dan Elvis juga telah membintangi 33 film yang sukses. Akan tetapi, tahukah kita akan awal karirnya? Bagaimana ia menentukan sikap dalam menghadapi kritik-atau bahkan dapat dikata cacian- yang diarahkan padanya? “Sebaiknya Anda kembali menyupir truk saja, karena Anda tidak punya bakat di bisnis ini,” kata seorang penguji kepadanya saat melihat cara berpakaian, bergaya, dan mendengarnya bernyanyi dalam suatu audisi. Bila Elvis salah dalam menetapkan pilihan, dalam menghadapi cacian tersebut, mungkin kita tidak akan mengenal nama “Elvis Presley”.

Bila dalam(untuk) hidup kita dapat menentukan bagaimana hidup kita, mati pun dapat kita tentukan; kematian seperti apakah yang kita inginkan.

Bersambung….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s