Pilihan Hidup, Pilihan Mati (2)


Bila sebelumnya kita berbicara mengenai pilihan hidup Elvis Presley, sekarang kita akan membahas mengenai pilihan dalam merencanakan kematian. Kisah ini dikutip dari “Jalan Cinta Para Pejuang” ustadz Salim A. Fillah.

“Ya Allah aku bersumpah kepada-Mu!”, kata “Abdullah ibn Jahsyi di malam Perang Uhud, “Bahwa besok pagi aku akan bertemu musuh. Aku akan membunuh mereka, dan mereka akan membunuhku. Lalu mereka akan membedah perutku, mengiris hidungku, dan mencarah telingaku. Lalu, aku akan menghadap-Mu dan Engkau bertanya kepadaku, ‘demi siapa ini semua?’, dan aku akan menjawab, ‘Untuk-Mu.’”

Dengan menitikkan air mata, Sa’d ibn Abi Waqash yang mengisahkan doanya bersama ‘abdullah ibn Jahsyi berkata, “Kami mendapatkan apa yang kami mohon. Tapi doa ‘Abdullah lebih baik darii doaku. Aku berdoa kepada Allah agar bertemu musuh yang kuat, lalu aku mengalahkannya dan mengambil rampasannya. Dan dia berdoa untuk menghadap Allah dalam keadaan yang paling diridhoi-Nya. Dia mendapatkannya.. Dia mendapatkannya..”

Di bait lain, diceritakan pula tentang ‘Umar ibn Al Khaththab suatu hari juga berdoa dengan pinta yang membuat Hafshah kaget. “Ya Allah, matikan akau sebagai syahid di tanah Nabi-Mu.”

“Ayah.. Apakah engkau ingin syahid di Madinah ini, di haram Nabi sallallahu ‘Alaihi wa Sallam? Mengapa bukan di medan jihad Syam atau Persia? Apakah itu berarti musuh-musuh Allah akan kembali menyerang dan menghancurkan kota penuh berkah ini?”

“Hafshah puteriku.. Allah Maha Kuasa untuk mengabulkan permohonan hamba-Nya tanpa mengubah karunia-Nya bagi yang lain.” Dan ‘Umar benar-benar syahid di mihrab kekasihnya, dengan tikaman Abu Li’lu’, pendendam besar dari Persia.

Maka, Bila dalam hidup kita dapat menentukan bagaimana hidup kita, mati pun dapat kita tentukan; kematian seperti apakah yang kita inginkan. Dan, apakah serta bagaimanah pilihan hidup-mati kita? Hidup dalam penuh ketaatan dan mati dalam kesyahidan, atau sebaliknya?

-ingatkan bila tersalah-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s