Lebih Baik…..

Image

Dalam tiap-tiap kondisi yang kita alami, tentulah kita merasa: ada yang baik, ada pula yang buruk. Dan pastilah keinginan kita selalu berada pada keadaan yang baik, lebih baik, ataupun yuang terbaik, bukan berada di dalam keburukan.

Dalam kondisi kesendirian, adalah lebih baik bila dapat menjadikan kesendirian itu sebagai sarana bagi kita untuk merenung dalam-dalam akan kesalahan-kesalahan kita. Dalam sendiri, lalu semakin menyandarkan harap dan pertolongan kepada Allah, semakin sadar akan lemahnya diri, memperbanyak ingat mati, perbanyak istighfar; adalah lebih baik daripada berteman dengan banyak insan, tetapi malah melenakan, dan semakin menjauhkan diri dari Yang Maha Menciptakan.

Adalah yang terbaik, apabila kita saat bersama teman-teman, kita menjadikan kawan-kawan kita sebagai ladang amal kita. Adalah utama, kita menjadi inspirasi kebaikan bagi sesame, dan sungguh indah jika kita dipercaya Allah sebagai perantara hidayah-Nya, untuk membawa teman-teman kita dari gelapnya kejahilan dan kegelapan. Ringkasnya: dakwah.

Dan dalam kondisi sakit, lalu perbanyak istighfar, bertafakur, semakin perbanyak dzikir mengingat Allah; adalah lebih baik daripada saat kondisi sehat dengan melayani dan senantiasa memperturutkan nafsu syahwat.

Adalah yang terbaik, apabila kita dalam kondisi sehat, lalu kita mensyukuri nikmat sehat itu dengan menyibukkan diri untuk senantiasa dalam berkebajikan, selalu memperbaiki diri, berjihad melawan hawa nafsu kita, memaksimalkan ketaatan kita pada Allah Yang Esa. Karena bila kita sakit pun, Allah tetap akan menilai kita berada dalam kebajikan bila kebiasaan amal shalih kita terhalang dengan rasa sakit.

Sebagaimana sabda Rasulullah saw, ““Jika seorang ahli ibadah jatuh sakit atau safar, ia tetap diberi pahala ibadah sebagaimana ketika ia sehat atau sebagaimana ketika ia tidak dalam safar” [HR. Bukhari]

Ingatkan bila tersalah.

Duwi Susilo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s