Karakteristik Pemuda Islam oleh Ust @h_elshirazy ( Kang Abik )

Hari Sabtu, tanggal 15 Januari kemarin alhamdulillah saya berkesempatan menghadiri sebuah acara di UNS. Salah satu pembicaranya yaitu ustadz Habiburrahman El Shirazy, yang dikenal dengan panggilan Kang Abik. Beliau adalah penulis Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih. Di dalam acara tersebut, Kang Abik menjelaskan mengenai karakteristik pemuda Islam. Apa sajakah karakteristik pemuda Islam itu? Sudahkah semua karakteristik itu berada pada dalam diri kita?

Bicara pemuda, telah disebutkan di dalam Al Qur’an tentang kisah pemuda Islam yang sanagt luar biasa; pemuda ashabul kahfi. Allah mensifati mereka di dalam Al Quran sebagai pemuda yang beriman kepada Allah ta’ala.

Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk. (Q.S Al Kahfi : 13)
Jadi, karakteristik pemuda Qur’ani yang harus ada:
1. Beriman kepada Allah
Pemuda Islam itu, tiap langkah dan fikirnya adalah langkah dan fikir menuju hidayah. Ahli tafsir menjelaskan bahwa hidayah itu bertingkat-tingkat, hidayah itu dapat bertambah dan terus bertambah. Sebagaimana dalam Qur’an Surat Maryam ayat 76,
“dan Allah akan menambah petunjuk kepada mereka yang telah mendapat petunjuk. dan amal-amal saleh yang kekal itu lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu dan lebih baik kesudahannya.”
Hidayah itu dapat bertambah dengan syarat beramal shalih. Dengan demikian akan menimbulkan amal shalih yang lain, sehingga bertambahlah hidayahnya.
2.  Langkah-langkahnya ikhlas karena Allah.
Dikisahkan, Mu’adz bin Jabal ddatang menemui Rasulullah meminta nasihat. Maka Rasul pun menasihatinya, yang intinya, “Ikhlashkan agama kamu, meskipun amamu sedikit. Ikhlash itu akan berguna kepadamu.”
Dan syarat diterimanya amal pun salah satunya harus ikhlash. Karena kita mengetahui, syarat diterimanya amal adalah ikhlash karena Allah dan adanya contoh dari Nabi saw.
3. Sabar
Sungguh banyak contoh bentuk kesabaran orang-orang sholih zaman dulu. Misalnya;
-ashhabul kahfi; sabar memegang kalimatullah
– ashabul hudud; meski diancam dilemparkan ke dalam api, mereka tetap berteguh pada “Robbunallah!”
-bilal bin rabbah; berteguh dalam mengesakan Allah meskipun disiksa, dll.
“Pemuda-pemuda yang sabar, kelak akan menjadi pemuda yang menoreh sejarah!”
4. Berani menyampaikan kebenaran
Pemuda Islam itu harus berani menyampaikan kebenaran, jika tidak, ia bukan pemuda Islam. Lihatlah Mush’ab bin Umair; saat sebelum bertemu Rasul, ia adalah pemuda yang dimanjakan dengan kemewahan oleh orang tuanya, saat berjalan pun harum parfumnya semerbak menandakan siapa ia. Akan tetapi, setelah ia mengenal  Isllam, ia sungguh berani menyampaikan kebenaran meskipun ditentang oleh ibuny asendiri. Contoh lain adalah Nabi Ibrahim yang berhadapan dengan Raja Namrud, nabi Ibrahim mendakwahkah “Rabbunallah” kepada penguasa.
Para Founding Father negara Republik Indonesia, saat-saat mereka berjuang tuk memerdekan RI, adalah saat mere masih muda. Misalnya saja M. Nasir, Soekarno, berani menentang kedzaliman yang ada saat itu. Jadi, salah satu sifat yang ahrus ada pada diri pemuda Islam adalah as-saja’ah (berani).
Tersebutkan dalam hadits, “Termasuk sebaik-baik jihada adalah menyampaikan kebenaran di hadapan penguasa yang jahil.”
5. Tafa’ul (selalu optimis)
Optimis; bahwa ia mempunyai masa depan yang cerah, karena ia beriman kepada Allah, bertaqwa kepada Allah.
Karena kemenangan itu adalah bagi para muttaqiin. Berikut saya kutipkan beberapa arti ayat dari Al Qur’an tentang kemenangan itu untuk siapa;

“dan barang siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, Maka mereka adalah orang- orang yang mendapat kemenangan.” [QS. An-Nuur:52]

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan” [QS. An Naba’ : 31]
Ya, pemuda Islam itu harus optimis. Al Qur’an pun melarang tuk berputus asa.

“… dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”. [QS. Yusuf:87]
Rasul pun bersabda bahwa kemenangan adalah milik Islam, untuk orang-orang yang beriman! Optimis juga  harus terkait dengan cita –cita besar. Kata Rasul; jika meminta surga, mintalah surga tertinggi–surga Firdaus.
6. Menjaga kesuciannya
Pemuda Islam, harus menjaga kesuciannya; kesucian lahir dan kesucian batin. Sebagai contoh, adalah kisah Nabi Yusuf dalam menjaga kesuciannya; tatkala digoda seorang wanita yang sangat cantik, berkuasa, di dalam sebuah kamar yang sepi. Semoga kita dapat mencontoh beliau.
7. Selalu kembali padaAllah, mudah bertaubat.
Pemuda Islam bukanlah malaikat, sering pula seorang pemuda Islam itu tergelincir. Oleh karena itu, pemuda Islam itu saat melakukan kesalahan, mudah (bersegera) tuk bertaubat, mudah istighfar. Dalam tiap langkahnya, adalah langkah dalam rangka kembali kepada Allah.
Kata seorang ulama’, termasuk tanda-tanda akan sukses seseorang di akhirnya itu, kembali pada Allah di langkah awalnya. Langkah awal apa saja; masuk kuliah, nikah, dll.
8. Tidak pernah berhenti untuk belajar
Demikianlah delapan karakteristik pemuda Islam yang disampaikan oleh Kang Abik. Tatkala ada seorang peserta ynag bertanya, “Bagaimanakah caranya agar kedelapan karakteristik itu menjalar kuat di hati kita?”, maka Kang Abik menjawab dengan mengutip sebuah hadits; “Qul: Amantu billah!” Katakanlah; Aku beriman kepada Allah, lalu istiqomahlah.

***
Ingatkan bila tersalah; dalam mengutip, dalam menuliskan. Silakan dikoreksi ataupun ditambahkan bila ada yang kurang. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Silakan ‘share’ kepada saudara-saudara kita yang lainnya.
@duwisusilo

Advertisements

5 thoughts on “Karakteristik Pemuda Islam oleh Ust @h_elshirazy ( Kang Abik )

  1. I’m new to blogging and I am using Tumblr. I want to make sure no one obtains my content or background images and pictures. If anyone has any suggestions I would really appreciate it. Thanks!.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s